Sunday, November 25, 2018

cara penyusunan RPP 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS 3 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) 
 





                                                                                





Disusun Oleh:
Alya Saraswati
1511023001




SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU
KECAMATAN BULELENG
KEBUPATEN BULELENG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.    Identitas Sekolah
1.       Satuan Pendidikan   : SD Negeri 5 Kampung Baru
2.       Kelas                                    : III (Tiga)
3.       Semester                  : I (Satu)
4.       Mata Pelajaran         : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
5.       Jumlah Pertemuan    : 1 x pertemuan
B.     Standar Kompetensi
2.       Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
C.    Kompetensi Dasar
2.2.     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
D.    Indikator
2.2.1.      Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan.
2.2.2.      Menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan.
2.2.3.      Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan media power point, siswa mampu menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan dengan benar.
2.      Dengan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan dengan tepat.
3.      Dengan tanya jawab, siswa mampu menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
F.     Karakter
1.      Jujur
2.      Disiplin
3.      Tanggung jawab
G.    Materi
A.     Penyebab Pencemaran Lingkungan
Pencemaran adalah pengotoran lingkungan yang disebabkan oleh adanya sisa produksi atau kegiatan manusia. Pencemaran yang terjadi dapat menggangu kesehatan lingkungan maupun kesehatan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Menurut jenisnya, pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi empat macam. Keempat macam pencemaran tersebut adalah pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.
1.      Pencemaran Udara
Pencemaran udara dapat disebabkan oleh asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan sebagainya.
2.      Pencemaran Air
Pencemaran air disebabkan oleh adanya pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik ke dalam lingkungan. Tingkat pencemaran air yang tinggi umumnya terjadi di daerah-daerah yang padat penduduknya.
3.      Pencemaran Tanah
Perbuatan membuang sampah di sembarang tempat dapat mencemari lingkungan. Sampah harus dibuang di lokasi pembuangan sampah yang semestinya. Sampah tersebut akan diolah menjadi zat-zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Sampah antara lain berupa sampah organik yang berasal dari makhluk hidup. Contoh sampah organik antara lain daun-daun, sisa-sisa makanan, dsb. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda tak hidup. Contoh sampah anorganik antara lain kaleng, botol, plastik, dsb.
4.      Pencemaran Suara
Kemajuan teknologi manusia selain menghasilkan kemakmuran juga menimbulkan pencemaran. Selain pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah, pencemaran suara pun timbul dari kemajuan teknologi ini. Pencemaran suara di kota umumnya disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor.
B.      Pengaruh Pencemaran Lingkungan terhadap Kesehatan
1.      Pengaruh Pencemaran Udara terhadap Kesehatan
Udara kotor mengandung zat-zat kimia, debu, dan bibit penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara, antara lain sesak nafas, asma, dan bahkan dapat menyebabkan kanker.
            Debu yang betrerbangan dapat masuk ke dalam mata sehingga mata menjadi merah dan menggangu penglihatan. Untuk menjaga agar mata tidak terkena debu atau kotoran, maka saat melakukan perjalanan, kamu sebaiknya memakai kacamata jalan dan mencuci muka setelah sampai di tempau tujuan.
            Apabila debu menempel pada kulit, maka kulit akan terasa gatal dan bersisik. Usahakan mandi secara teratur setiap hari agar kulit menjadi bersih dan sehat.



2.      Pengaruh Pencemaran Air terhadap Kesehatan
Pencemaran air dapat merugikan kesehatan makhluk hidup maupun lingkungan.  Air yang telah tercemar membahayakan kesehatan. Air yang tercemar mengandung bibit penyakit dan zat-zat kimia yang beracun. Penyakit yang muncul karena pencemaran air, antara lain diare, muntaber, gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
3.      Pengaruh Pencemaran Tanah terhadap Kesehatan
Tanah yang tercemar akan berkurang kesuburannya. Selain itu, zat-zat pencemar juga dapat terserap oleh tumbuhan. Tumbuhan tersebut kemudian dimakan oleh hewan atau manusia. Akibatnya, zat pencemar tersebut akan berpindah ke dalam tubuh hewan atau manusia.
4.      Pengaruh Pencemaran Suara
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak benda yang dihasilkan untuk mempermuddah kehidupan manusia. Contoh benda-benda tersebut antara lain, kendaraan bermotor, kapal laut, pesawat terbang, dan mesin-mesin pabrik. Suara yang dihasilkan oleh benda-benda tersebut sangat bising dan dapat menimbulkan polusi suara.
Pengaruh polusi suara, antara lain mudah kejut, cepat marah, tertekan, daya pendengaran berkurang, dsb.
H.    Alokasi Waktu
3 x 35 menit.
I.       Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi.


J.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam kepada seluruh siswa.
  2. Guru mengajak siswa berdoa bersama untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
  3. Guru mengecek kahadiran siswa.
  4. Guru memberikan apersepsi kepada dengan mangajukan beberapa pertanyaan yang relevan seperti:
1.      Anak-anak coba lihat di sekeliling kalian apakah sudah bersih?
2.      Perlu tidak kita menjaga kebersihan lingkungan?
3.      Bagaimana akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan kita dengan baik ?
  1. Siswa menanggapi pertanyaan guru.
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
  3. Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu “Penyebab Pencemaran Lingkungan dan Pengaruh Pencemaran Lingkunan terhadap Kesehatan”.
10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Guru menampilkan gambar tentang pencemaran lingkungan pada slide.
2.      Siswa menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru terkait gambar yang diberikan.
3.      Siswa membaca dan mengkaji materi bacaan yang ada pada buku.
4.      Guru menjelaskan cakupan materi  kepada siswa.
5.      Guru menanyakan hal-hal yang belum dipahami oleh siswa.
6.      Guru mengajukan bebrapa pertanyaan yang relevan kepada siswa:
1.      Anak-anak coba kalian pikirkan bagaimana pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan kita?
7.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru berdasarkan pengetahuan mereka masing-masing.
8.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai debit.
9.      Guru mengarahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
Elaborasi
  1. Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru.
  2. Siswa melakukan diskusi dengan teman sebangkunya.
  3. Siswa berdiskusi dibawah bimbingan guru.
  4. Masing-masing perwakilan  kelompok diberikan kesempatan untuk menyajikan hasil diskusinya di depan kelas.
Konfirmasi
  1. Guru memberikan penguatan positif kepada siswa sesuai dengan hasil penyajian siswa di depan kelas.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi hasil penyajian kelompok penyaji.
  3. Guru meluruskan dan memberi masukan sesuai dengan hasil diskusi yang terjadi.
  4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dipahami.
  5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk merevisi hasil kerjanya yang kurang tepat untuk mendapatkan suatu konsep dan keterampilan yang benar.
80 menit
Penutup
  1. Guru bersama siswa membuat rangkuman/simpulan hasil belajar yang telah dilakukan.
  2. Guru memberikan PR kepada siswa.
  3. Guru mengajak siswa untuk berdoa kembali sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran.
  4. Guru bersama siswa mengucapkan salam penutup untuk mengakhiri pembelajaran.
15 menit

K.    Penilaian Hasil Belajar
a.      Penilaian Afektif
1.      Teknik : Observasi
2.      Bentuk : Non Tes
3.      Instrumen :
Lembar Observasasi Aspek Afektif


No


Nama Siswa
Sikap yang diukur

Jujur


Disiplin

Tanggung Jawab


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria


Catatan :
Sangat Baik   = 4       Cukup = 2
Baik                = 3       Kurang = 4

Rubrik Penilaian Aspek Afektif
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Jujur (Mengerjakan tugas dengan mandiri )
Sangat mampu mengerjakan tugas dengan mandiri.
Mampu mengerjakan tugas  dengan pengarahan dari guru.
Cukup mengerjakan tugas  dengan pengarahan dari guru.
Kurang mengerjakan tugas dengan mandiri.
Disiplin (Mengumpulkan tugas dengan tepat waktu)
Sangat mampu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Mampu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Memerlukan bantuan guru untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Tidak mampu untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Tanggung Jawab (Melaksanakan tugas yang diberikan guru)
Sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
Bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
Cukup bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
Kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
Skor yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi untuk mendapatkan nilai sikap afektif. 

 
 








b.      Penilaian Pengetahuan
1.      Teknik : Tes
2.      Bentuk : Uraian
3.      Instrumen :

Lembar Penilaian Pengetahuan
No
Nama Siswa
Jumlah Skor
Nilai

































Soal Uraian
  1. Sebutkan 4 macam pencemaran lingkungan!
  2. Bagaimana pengaruh pencemaran air bagi kesehatan?
  3. Bagaimana pengaruh pencemaran tanah terhadap kesehatan?
  4. Sebutkan 3 akibat dari pencemaran suara!
Kunci Jawaban
  1. Macam-macam pencemaran lingkungan:
a.       Pencemaran udara
b.      Pencemaran air
c.       Pencemaran tanah
d.      Pencemaran suara
  1. Pengaruh pencemaran air bagi kesehatan adalah bisa menimbulkan bibit penyakit seperti diare, muntaber, gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
  2. Pengaruh pencemaran tanah terhadap kesehatan adalah tanah menjadi tandus dan berkurang kesuburrannya. Zat-zat pencemar yang masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan akan menimbulkan wabah penyakit seperti gangguan pada pencernaan, pernafasan, dan penyakit kulit lainnya.
  3. Akibat dari pencemaran suara, yaitu:
a.       Mudah terkejut
b.      Cepat marah
c.       Daya pendengaran berkurang, dll.
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No. Soal
Skor
Keterangan
Skor Maksimal
1
20
Siswa menyebutkan 4 macam pencemaran lingkungan.
20
15
Siswa menyebutkan 3 macam pencemaran lingkungan.
10
Siswa menyebutkan 2 macam pencemaran lingkungan.
5
Siswa menyebutkan 1 macam pencemaran lingkungan
0
Siswa salah/tidak menjawab soal.
2
30
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran air dengan benar dan sesuai dengan kunci jawaban.
30
20
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran air sesuai dengan kunci jawaban.
10
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran air tidak sesuai dengan kunci jawaban.
0
Siswa salah/tidak menjawab soal.
3
30
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran tanah dengan benar dan sesuai dengan kunci jawaban.
30
20
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran tanah sesuai dengan kunci jawaban.
10
Siswa menjelaskan pengaruh pencemaran tanah tidak sesuai dengan kunci jawaban.
0
Siswa salah/tidak menjawab soal.
4
20
Siswa menyebutkan 3 akibat pencemaran suara dengan benar.
20
10
Siswa menyebutkan 2 akibat pencemaran suara.
5
Siswa menyebutkan 1 pencemaran suara.
0
Siswa salah/tidak menjawab soal.
Total Skor
100
Skor yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi untuk mendapatkan nilai pengetahuan. 

Skor Maksimal Ideal (SMI) = 100
Nilai    = Skor Siswa x 100%
SMI

c.       Penilaian Psikomotor
1.      Bentuk          : Non Tes
2.      Teknik           : Observasi
3.      Instrumen     
Penilaian Unjuk Kerja
Lembar Pengamatan Penilaian Psikomotor


No


Nama Siswa
Aspek yang diukur
Jumlah Skor
Menyampaikan Hasil Diskusi di Depan Kelas



1
2
3
4





































Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Catatan :
Baik Sekali     = 4       Cukup = 2
Baik                = 3       Perlu Bimbingan = 1








Rubrik Penilaian Psikomotor
Kriterian
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami)
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan baik.
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Siswa  cukup mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang cukup mudah dipahami
Siswa tidak mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Skor yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi untuk mendapatkan nilai psikomotor. 

 
 



L.     Sumber Belajar dan Media Belajar
Priyono, dan Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3 Untuk SD dan MI Kelas III. Surakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
Media Belajar: Power Point.



Guru Kelas III,                                                      Singaraja, 20 September 2018
                                                                               Mahasiswa Praktikan,

Kadek Artini, S.Pd                                                            Alya Saraswati
NIP. 197601232007012007                                  NIM. 1511023001


Mengetahui,


I Made Sukarsa, S.Pd., SD
NIP.19651231198031193








Add caption



 


No
Pencemaran
Penyebab dan Akibat
1
Nama pencemaran:

Penyebab:



Akibat:


2
Nama pencemaran:

Penyebab:



Akibat:
3
Nama pencemaran:

Penyebab:



Akibat:





No comments:

Post a Comment

RPP UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                     Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama      ...