RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS 3 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)
Disusun Oleh:
Alya Saraswati
1511023001
SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU
KECAMATAN BULELENG
KEBUPATEN BULELENG
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
Sekolah
1. Satuan Pendidikan : SD Negeri 5 Kampung Baru
2. Kelas :
III (Tiga)
3. Semester :
I (Satu)
4. Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
5. Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
B.
Standar
Kompetensi
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
C.
Kompetensi
Dasar
2.2. Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
D.
Indikator
2.2.1. Menyebutkan
macam-macam pencemaran lingkungan.
2.2.2. Menjelaskan
penyebab pencemaran lingkungan.
2.2.3. Menyebutkan
akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
E.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
media power point, siswa mampu menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
dengan benar.
2. Dengan
penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan dengan
tepat.
3. Dengan
tanya jawab, siswa mampu menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap
kesehatan.
F.
Karakter
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tanggung
jawab
G.
Materi
A.
Penyebab Pencemaran Lingkungan
Pencemaran
adalah pengotoran lingkungan yang disebabkan oleh adanya sisa produksi atau
kegiatan manusia. Pencemaran yang terjadi dapat menggangu kesehatan lingkungan
maupun kesehatan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Menurut jenisnya,
pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi empat macam. Keempat macam
pencemaran tersebut adalah pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah,
dan pencemaran suara.
1.
Pencemaran
Udara
Pencemaran udara dapat disebabkan oleh
asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan
sebagainya.
2.
Pencemaran
Air
Pencemaran
air disebabkan oleh adanya pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik ke
dalam lingkungan. Tingkat pencemaran air yang tinggi umumnya terjadi di
daerah-daerah yang padat penduduknya.
3.
Pencemaran
Tanah
Perbuatan membuang sampah di sembarang tempat dapat
mencemari lingkungan. Sampah harus dibuang di lokasi pembuangan sampah yang
semestinya. Sampah tersebut akan diolah menjadi zat-zat yang tidak berbahaya
bagi lingkungan. Sampah antara lain berupa sampah organik yang berasal dari
makhluk hidup. Contoh sampah organik antara lain daun-daun, sisa-sisa makanan,
dsb. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda tak hidup. Contoh
sampah anorganik antara lain kaleng, botol, plastik, dsb.
4.
Pencemaran
Suara
Kemajuan teknologi manusia selain menghasilkan
kemakmuran juga menimbulkan pencemaran. Selain pencemaran udara, pencemaran
air, dan pencemaran tanah, pencemaran suara pun timbul dari kemajuan teknologi
ini. Pencemaran suara di kota umumnya disebabkan oleh banyaknya kendaraan
bermotor.
B.
Pengaruh Pencemaran Lingkungan terhadap
Kesehatan
1.
Pengaruh
Pencemaran Udara terhadap Kesehatan
Udara kotor mengandung zat-zat kimia, debu, dan
bibit penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara, antara lain
sesak nafas, asma, dan bahkan dapat menyebabkan kanker.
Debu yang betrerbangan dapat masuk
ke dalam mata sehingga mata menjadi merah dan menggangu penglihatan. Untuk
menjaga agar mata tidak terkena debu atau kotoran, maka saat melakukan
perjalanan, kamu sebaiknya memakai kacamata jalan dan mencuci muka setelah
sampai di tempau tujuan.
Apabila debu menempel pada kulit,
maka kulit akan terasa gatal dan bersisik. Usahakan mandi secara teratur setiap
hari agar kulit menjadi bersih dan sehat.
2.
Pengaruh
Pencemaran Air terhadap Kesehatan
Pencemaran air dapat merugikan kesehatan makhluk
hidup maupun lingkungan. Air yang telah
tercemar membahayakan kesehatan. Air yang tercemar mengandung bibit penyakit
dan zat-zat kimia yang beracun. Penyakit yang muncul karena pencemaran air,
antara lain diare, muntaber, gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
3.
Pengaruh
Pencemaran Tanah terhadap Kesehatan
Tanah yang tercemar akan berkurang
kesuburannya. Selain itu, zat-zat pencemar juga dapat terserap oleh tumbuhan.
Tumbuhan tersebut kemudian dimakan oleh hewan atau manusia. Akibatnya, zat
pencemar tersebut akan berpindah ke dalam tubuh hewan atau manusia.
4.
Pengaruh
Pencemaran Suara
Seiring dengan perkembangan teknologi,
banyak benda yang dihasilkan untuk mempermuddah kehidupan manusia. Contoh
benda-benda tersebut antara lain, kendaraan bermotor, kapal laut, pesawat
terbang, dan mesin-mesin pabrik. Suara yang dihasilkan oleh benda-benda
tersebut sangat bising dan dapat menimbulkan polusi suara.
Pengaruh polusi suara, antara lain mudah
kejut, cepat marah, tertekan, daya pendengaran berkurang, dsb.
H.
Alokasi
Waktu
3
x 35 menit.
I.
Metode
Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi.
J.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Anak-anak
coba lihat di sekeliling kalian apakah sudah bersih?
2. Perlu
tidak kita menjaga kebersihan lingkungan?
3. Bagaimana
akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan kita dengan baik ?
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Guru
menampilkan gambar tentang pencemaran lingkungan pada slide.
2. Siswa
menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru terkait gambar yang diberikan.
3. Siswa
membaca dan mengkaji materi bacaan yang ada pada buku.
4. Guru
menjelaskan cakupan materi kepada siswa.
5. Guru
menanyakan hal-hal yang belum dipahami oleh siswa.
6. Guru
mengajukan bebrapa pertanyaan yang relevan kepada siswa:
1. Anak-anak
coba kalian pikirkan bagaimana pengaruh pencemaran lingkungan terhadap
kesehatan kita?
7. Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru berdasarkan pengetahuan mereka
masing-masing.
8. Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai debit.
9. Guru
mengarahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
Elaborasi
Konfirmasi
|
80 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
K.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Penilaian Afektif
1.
Teknik : Observasi
2.
Bentuk : Non Tes
3.
Instrumen :
Lembar Observasasi Aspek Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Sikap yang diukur
|
|||||||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Catatan
:
Sangat
Baik = 4 Cukup
= 2
Baik
= 3 Kurang = 4
Rubrik Penilaian Aspek Afektif
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Jujur (Mengerjakan tugas dengan mandiri )
|
Sangat mampu
mengerjakan tugas dengan mandiri.
|
Mampu
mengerjakan tugas dengan pengarahan
dari guru.
|
Cukup
mengerjakan tugas dengan pengarahan
dari guru.
|
Kurang
mengerjakan tugas dengan mandiri.
|
Disiplin (Mengumpulkan tugas dengan tepat waktu)
|
Sangat mampu
mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
|
Mampu
mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
|
Memerlukan
bantuan guru untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
|
Tidak
mampu untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
|
Tanggung Jawab (Melaksanakan tugas yang
diberikan guru)
|
Sangat
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Bertanggung
jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Cukup
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Kurang
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Skor
yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan
nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi
untuk mendapatkan nilai sikap afektif.
|
b.
Penilaian
Pengetahuan
1. Teknik
: Tes
2. Bentuk
: Uraian
3. Instrumen
:
Lembar
Penilaian Pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Soal Uraian
- Sebutkan
4 macam pencemaran lingkungan!
- Bagaimana
pengaruh pencemaran air bagi kesehatan?
- Bagaimana
pengaruh pencemaran tanah terhadap kesehatan?
- Sebutkan
3 akibat dari pencemaran suara!
Kunci
Jawaban
- Macam-macam
pencemaran lingkungan:
a.
Pencemaran udara
b.
Pencemaran air
c.
Pencemaran tanah
d.
Pencemaran suara
- Pengaruh
pencemaran air bagi kesehatan adalah bisa menimbulkan bibit penyakit
seperti diare, muntaber, gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
- Pengaruh
pencemaran tanah terhadap kesehatan adalah tanah menjadi tandus dan
berkurang kesuburrannya. Zat-zat pencemar yang masuk ke dalam tubuh
manusia atau hewan akan menimbulkan wabah penyakit seperti gangguan pada
pencernaan, pernafasan, dan penyakit kulit lainnya.
- Akibat
dari pencemaran suara, yaitu:
a.
Mudah terkejut
b.
Cepat marah
c.
Daya pendengaran berkurang, dll.
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No. Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
Skor Maksimal
|
1
|
20
|
Siswa
menyebutkan 4 macam pencemaran lingkungan.
|
20
|
15
|
Siswa
menyebutkan 3 macam pencemaran lingkungan.
|
||
10
|
Siswa
menyebutkan 2 macam pencemaran lingkungan.
|
||
5
|
Siswa
menyebutkan 1 macam pencemaran lingkungan
|
||
0
|
Siswa
salah/tidak menjawab soal.
|
||
2
|
30
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran air dengan benar dan sesuai dengan kunci
jawaban.
|
30
|
20
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran air sesuai dengan kunci jawaban.
|
||
10
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran air tidak sesuai dengan kunci jawaban.
|
||
0
|
Siswa
salah/tidak menjawab soal.
|
||
3
|
30
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran tanah dengan benar dan sesuai dengan kunci
jawaban.
|
30
|
20
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran tanah sesuai dengan kunci jawaban.
|
||
10
|
Siswa
menjelaskan pengaruh pencemaran tanah tidak sesuai dengan kunci jawaban.
|
||
0
|
Siswa
salah/tidak menjawab soal.
|
||
4
|
20
|
Siswa
menyebutkan 3 akibat pencemaran suara dengan benar.
|
20
|
10
|
Siswa
menyebutkan 2 akibat pencemaran suara.
|
||
5
|
Siswa
menyebutkan 1 pencemaran suara.
|
||
0
|
Siswa
salah/tidak menjawab soal.
|
||
Total Skor
|
100
|
Skor
yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan
nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi
untuk mendapatkan nilai pengetahuan.
Skor
Maksimal Ideal (SMI) = 100
Nilai = Skor Siswa x 100%
SMI
c.
Penilaian
Psikomotor
1.
Bentuk :
Non Tes
2.
Teknik :
Observasi
3.
Instrumen
Penilaian Unjuk Kerja
Lembar Pengamatan
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diukur
|
Jumlah Skor
|
|||
Menyampaikan Hasil
Diskusi di Depan Kelas
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Catatan :
Baik Sekali = 4 Cukup = 2
Baik = 3 Perlu
Bimbingan = 1
Rubrik
Penilaian Psikomotor
Kriterian
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Menyampaikan hasil diskusi di depan
kelas (menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami)
|
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi
menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan baik.
|
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi
menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
|
Siswa
cukup mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang cukup
mudah dipahami
|
Siswa tidak mampu menyampaikan hasil
diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
|
Skor
yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan
nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi
untuk mendapatkan nilai psikomotor.
|
L.
Sumber
Belajar dan Media Belajar
Priyono, dan Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3 Untuk SD dan MI
Kelas III. Surakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
Media Belajar: Power Point.
Guru
Kelas III, Singaraja,
20 September 2018
Mahasiswa
Praktikan,
Kadek
Artini, S.Pd Alya
Saraswati
NIP.
197601232007012007 NIM.
1511023001
Mengetahui,
I Made Sukarsa, S.Pd., SD
NIP.19651231198031193
No
|
Pencemaran
|
Penyebab dan Akibat
|
1
|
Nama
pencemaran:
|
Penyebab:
Akibat:
|
2
|
Nama
pencemaran:
|
Penyebab:
Akibat:
|
3
|
Nama
pencemaran:
|
Penyebab:
Akibat:
|
No comments:
Post a Comment