RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS 5 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MATEMATIKA
Disusun Oleh:
Nama :
Alya Saraswati
NIM : 1511023001
SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU
KECAMATAN BULELENG
KEBUPATEN BULELENG
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
Sekolah
1. Satuan
Pendidikan : SD Negeri 5 Kampung
Baru
2. Kelas : V (Lima)
3. Semester : I (Satu)
4. Mata
Pelajaran :
Matematika
5. Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan
B.
Standar
Kompetensi
2. Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
C.
Kompetensi
Dasar
2.4. Mengenal
satuan jarak dan kecepatan.
2.5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
D.
Indikator
2.4.1. Menjelaskan
pengertian kecepatan.
2.4.2. Menjelaskan
kecepatan sebagai perbandingan jarak dan waktu dan debit sebagai perbandingan
volume dan waktu.
2.5.1. Menghitung
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan jarak dan waktu.
2.5.2. Menghitung
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan volume dan waktu.
E.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
media power point, siswa dapat menjelaskan pengertian kecepatan.
2. Dengan
media power point, siswa dapat menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak
dan waktu dan debit sebagai perbandingan volume dan waktu.
3. Dengan
penjelasan guru, siswa dapat menghitung penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan perbandingan jarak dan waktu.
4. Dengan
penjelasan guru, siswa dapat menghitung penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan perbandingan volume dan waktu.
F.
Karakter
1. Jujur
2. Rasa
ingin tahu
3. Tanggung
jawab
G.
Materi
Kecepatan
Perhatikan gambar di atas.
Pernahkan kamu melihat alat seperti itu?
Terdapat dimanakah alat itu?
Apa kegunaan alai itu?
Tulisan apa yang biasanya terdapat pada alat itu?
1.
Mengetahui Arti Satuan Kecepatan
Jika kamu naik bus atau
kendaraan dari kota A ke kota B yang jaraknya 60 km dan memerlukan waktu 1 jam
maka kecepatan bus 60 km per jam atau 60 km/jam. Km/jam merupakan salah satu
satuan kecepatan. Secara umum, satuan kecepatan = . Selain km/jam, satuan
kecepatan yang lain yaitu meter/detik (m/detik) dan sentimeter/detik
(cm/detik).
2.
Menentukan Kesetaraan Antarsatuan Kecepatan
Cara mengubah satuan kecepatan
1
km/jam dapat ditulis .
1
km/jam = m/jam
Penyelesaiannya:
1km/jam
= m/jam
Pembilangnya
diubah ke dalam satuan meter.
Penyebutnya
diubah ke dalam satuan detik.
1 = = 0,28 m/detik.
3.
Menentukan Kecepatan
Di depan sudah dijelaskan bahwa satuan kecepatan = . Dari
satuan kecepatan ini dapat diturnkan rumus kecepatan, yaitu:
Misal kecepatan = v, jarak yang ditempuh = s, dan waktu
tempuh = t, rumus kecepatan dapat ditulis: v = .
Perhatikan contoh berikut.
Rio naik sepeda dari rumahnya ke sekolah dengan kecepatan 200
m/menit. Jaraak rumah Rio dari sekolah 4 km. Rio berangkat dari rumah pada
pukul 07.30. pukul berapa Rio sampai di sekolah?
Jawaban:
Kecepatan Rio (v) = 200 m/menit
Jarak rumah Rio ke sekolah (s) = 4 km = 4000 m
Lama perjalanan Rio: t = = = 20 menit.
Rio berangkat pada pukul 07.30
Rio sampai di sekolah pada pukul (07.30 + 20 menit) = pukul
07.50
Jadi, Rio sampai di sekolah pada pukul 07.50.
Debit
Pernahkah
kamu mendengar tentang debit? Debit erat kaitannya denga air. Mungkin kamu
pernah mendengar berita mengenai debit air sungai atau debit air terjun. Debit air
merupakan kecepatan aliran air pada satuan waktu. Dalam perhitungan debit air
satuan-satuan yang sering digunakan diantaranya liter/detik, dm3/
menit, liter/jam, liter/menit.
Besarnya debit air yang mengalir dapat dihitung dengan
menggunakan rumus sebagai berikut.
Dalam mencari waktu kita menggunakan rumus sebagai berikut.
Untuk mencari volume kita menggunakan rumus:
Volume = Debit x Waktu
Penjelasan:
Volume
dengan simbol (V) Debit
dengan simbol (Q)
Waktu
dengan simbol (t)
Contoh
soal:
Keran
mandi pak Budi hidup dan mengeluarkan air sebanyak 250 m3 dalam
waktu 30 menit, berapa liter/detik debit air tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui;
Volume (V) = 250 m3 = 250.000 liter
Waktu (t) = 30 menit = 30 menit x
60 detik = 1.800 detik
Ditanya:
Debit (Q) air (liter/detik)
Jawab:
Debit (Q) =
= = 138,9 liter/detik
Jadi, debit air tersebut adalah 138,9
liter/detik
H.
Alokasi
Waktu
3
x 35 menit
I.
Metode,
Media Pembelajaran
Metode
pembelajaran: ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
Media
pembelajaran: power point
J.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Anak-anak
coba lihat gambar pada slide apa nama alat tersebut?
2. Dimana
biasanya kita nemenukan alat tersebut?
3. Apakah
kegunaan alat tersebut?
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. ”Anak-anak
coba perhatikan gambar spidometer pada slide, angka berapa yang ditunjukkan
oleh jarum pada gambar?”
2. “Apa
arti dari angka yang ditujukkan oleh jarum jam pada gambar?”
3. Siswa
menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru terkait gambar pada slide.
4. Siswa
menyimak penjelasan guru terkait gambar yang ditampilkan pada slide.
5. Guru
menjelaskan cakupan materi mengenai kecepatan.
6. Guru
menanyakan hal-hal yang belum dipahami oleh siswa.
7. Guru
menampilkan gambar bak air pada slide.
8. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan kepada siswa:
1. Anak-anak
apa nama gambar tersebut?
2. Apakah
semua memiliki di rumah?
3. Kira-kira
berapa liter bisa menampung air bak mandi di rumah anak-anak?
9. Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru berdasarkan pengetahuan mereka
masing-masing.
10. Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai debit.
11. Guru
mengarahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
Elaborasi
Konfirmasi
|
95 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
K.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Penilaian Afektif
1.
Teknik : Observasi
2.
Bentuk : Non Tes
3.
Instrumen :
Lembar Observasasi Aspek Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Sikap yang diukur
|
|||||||||||
Jujur
|
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Catatan
:
Sangat
Baik = 4 Cukup
= 2
Baik
= 3 Kurang = 4
Rubrik Penilaian Aspek Afektif
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Jujur (Mengerjakan tugas dengan mandiri )
|
Sangat mampu
mengerjakan tugas dengan mandiri.
|
Mampu mengerjakan
tugas dengan pengarahan dari guru.
|
Cukup
mengerjakan tugas dengan pengarahan
dari guru.
|
Kurang mengerjakan
tugas dengan mandiri.
|
Rasa Ingin Tahu (Menanyakan hal-hal yang belum
dipahami)
|
Tidak terlihat
ragu-ragu dalam menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
|
Terlihat
ragu-ragu dalam menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
|
Memerlukan
bantuan guru dalam menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
|
Tidak
mampu dalam menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
|
Tanggung Jawab (Melaksanakan tugas yang
diberikan guru)
|
Sangat
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Bertanggung
jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Cukup
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Kurang
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru.
|
Skor
yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus di bawah ini untuk mendapatkan
nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di konversikan ke dalam tabel konversi
untuk mendapatkan nilai sikap afektif.
|
b.
Penilaian
Pengetahuan
1. Teknik
: Tes
2. Bentuk
: Uraian
3. Instrumen
:
Lembar
Penilaian Pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soal
Uraian
1. Iwan
berangkat ke sekolah berjalan kaki. Jarak dari rumah ke sekolah 750 m. setiap
hari Iwan memerlukan waktu 15 menit untuk sampai ke sekolah. Berapa km/jam
kecepatan Iwan berjalan kaki?
2. Jika
Luki mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 40 km/jam selama 2 jam. Berapa
jarak yang ditempuh Luki?
3. Pipa
air pak Udin mengalirkan air sebanyak 75 liter dalam waktu 30 menit. Berapa banyak
air yang dialirkan pipa air Pak Udin selama 1 jam?
4. Debit
air Rani 40 liter/detik, berapa liter air yang bisa ditampung selama 2 jam?
Kunci Jawaban:
1. Diketahui:
Jarak (j) = 750 m = 0,75 km
Waktu (t) = 15 menit = 15/60 = 0,25 jam
Ditanya: Kecepatan
(km/jam) ?
Jawab: Kecepatan = = = 3 km/jam
Jadi, kecepatan Iwan berjalan kaki adalah 3 km/jam.
2.
Diketahui:
Kecepatan (k) = 40 km/jam
Waktu (t) = 2 jam
Ditanya: Jarak (j) ?
Jawab: Jarak = Kecepatan x Waktu
= 40 km/jam x 2 jam
= 80 km
Jadi, jarak yang ditempuh Luki adalah 80 km.
3.
Diketahui:
Volume air (V) = 75 liter
Waktu (t) = 30 menit = 30/60 = 0,5 jam
Ditanya: Debit (Q) selama 1 jam ?
Jawab: Q = = = 150 liter/jam
Jadi, banyak air yang dialirkan pipa air Pak
Udin selama 1 jam adalah 150 liter/jam
4.
Diketahui:
Debit (Q) = 40 liter/detik
Waktu (t) = 2 jam = 2 x 3600 = 7200 detik
Ditanya: Volume (V) ?
Jawab: Volume = Q x t
=
40 x 7200 = 288.000 liter
Jadi, air yang bisa ditampung
selama 2 jam adalah 288.000 liter.
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
No. Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
Skor Maksimal
|
1
|
25
|
Siswa menjawab
sesuai dengan isi cerita.
|
25
|
|
0
|
Siswa menjawab
salah/tidak menjawab.
|
|
2
|
25
|
Siswa menjawab
sesuai dengan isi cerita.
|
25
|
|
0
|
Siswa menjawab
salah/tidak menjawab.
|
|
3
|
25
|
Siswa menjawab
sesuai dengan isi cerita.
|
25
|
|
0
|
Siswa menjawab
salah/tidak menjawab.
|
|
4
|
25
|
Siswa menjawab
sesuai dengan isi cerita.
|
25
|
|
0
|
Siswa menjawab
salah/tidak menjawab.
|
|
Total Skor
|
100
|
Skor yang diperoleh kemudian dimasukkan dalam rumus
di bawah ini untuk mendapatkan nilai dalam bentuk skala 100, kemudian di
konversikan ke dalam tabel konversi untuk mendapatkan nilai pengetahuan.
|
c.
Penilaian
Psikomotor
Penilaian Unjuk Kerja
Lembar Pengamatan Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diukur
|
Jumlah Skor
|
|||
Menyampaikan Hasil Diskusi
di Depan Kelas
|
|
|||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Catatan
:
Baik
Sekali = 4 Cukup = 2
Baik
= 3 Perlu Bimbingan = 1
Rubrik
Penilaian Psikomotor
Kriterian
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Menyampaikan hasil diskusi di depan
kelas (menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami)
|
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi
menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan baik.
|
Siswa mampu menyampaikan hasil diskusi
menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
|
Siswa
cukup mampu menyampaikan hasil diskusi menggunakan bahasa yang cukup
mudah dipahami
|
Siswa tidak mampu menyampaikan hasil
diskusi menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
|
L.
Sumber
Belajar
Indrianti,
Mirna, dkk. 2017. Buku Siswa Matematika.
Klaten: PT Intan Pariwara.
Irwansyah.
2018. Cara Menentukan Debit Air dan Waktu
disertai Contoh Soal dan Pembahasannya. Terdapat pada https://www.belajarmatematikaku.com/2016/05/cara-menentukan-debit-air-volume-dan-waktu-disertai-contoh-soal-dan-pembahasannya.html. Diakses
pada tanggal 2 September 2018.
Sumanto, Y.D, dkk. 2008. Gemar Matematika 5 untuk SD/MI Kelas V.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Tri Astuti, Lusia dan P. Sunardi. 2009. Matematika Untuk kelas 5 SD / MI.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Mengetahui, Singaraja,
04 September 2018
Guru Kelas V, Mahasiswa
Praktikan,
Ni Nyoman Nesa Sumadi, S.Pd. Alya Saraswati
NIP. 19590404 197910 2 005 NIM 1511023001
Kepala SD Negeri 5
Kampung Baru,
I Made Sukarsa, S.Pd.
SD.
NIP. 19651231 198903 1 193
No comments:
Post a Comment